gunung kidul

Wisata Alam Pantai Krakal Gunungkidul

Pantai Krakal Gunungkidul ialah sekian dari obyek wisata pantai Gunungkidul yang terkenal. Pantai itu merupakan tempat surfing yang istimewa bagi para surfer tidak hanya memiliki pemandangan atau lanskap alam gunung yang menakjubkan. Pantai Krakal Gunungkidul adalah pantai yang sudah dikenal semenjak lama sekali, bahkan jauh sejak baru terkenal Pantai Indrayanti, Pantai Baron, maupun Pantai Pok Tunggal jadi ramai dengan kedatangan para pecinta travel.

Beberapa pihak mengatakan bahwa Pantai Krakal mempunyai lokasi paling indah diantara beberapa pantai yang terbentang di pesisir Gunungkidul. Berwisata ke Pantai Krakal, Kalian bisa menemukan pantai yang sangat landai dengan pasir putih luas sekali. Air laut jernih dan terpaan ombak yang bernada melengkapi keindahan panorama pantai itu.

Kalian akan memerlukan waktu perjalanan sepanjang hampir 3 jam tuk bisa tiba di lokasi pantai ini bila perjalanan diawali dari tengah-tengah Kota Jogja. Di sepanjang jalanan ke Pantai Krakal, ada sederetan rumah makan yang memberikan hidangan khas Jogja dan makanan olahan laut.

Tuk bisa masuk ke lokasi pantai ini, Kalian musti bayar karcis masuk Pantai Krakal Gunungkidul seharga Rp 10.000 per orang. Karcis ini dibayar di pos retribusi Pantai Baron. Tarif tiket telah mencakup pariwisata Pantai Baron, dan Pantai Kukup. Pantai-pantai ini ada di deretan yang tidak beda di pesisir Gunungkidul.

Pemandangan Pantai Krakal Gunungkidul

gunung kidulDi Pantai Krakal Gunungkidul, ada bebatuan karang berdiri kokoh di pinggiran pantai. Menariknya, bebatuan karang itu didiami ribuan ikan karang yang beraneka warna. Sebagian spesies ikan itu, ada Damselfish ciri khas darinya ialah warna kuning dan agak sedikit ada aksen biru di belakang badannya.

Ada lagi yang dijuluki Butterflyfish oleh warga setempat disebut menjadi ikan Kepe-kepe dengan warna pinstripe biru tua dipadu biru muda. Disamping itu, ada juga komunitas ikan-ikan kecil warnanya biru yang berenang di sela-sela karang. Bebatuan karang di Pantai Krakal Gunungkidul mendatangkan kekhasan yang istimewa tuk dieksplorasi. Kalian bisa jalan-jalan di sederetan bebatuan karang yang mencuat ke permukaan bagaikan jalan setapak yang menyisir lautan.

Tuk menyusuri deretan batu karang itu, Kalian musti memakai alas kaki mengingat beberapa batu ada yang memiliki tekstur cukup tajam. Dari rekahan batu karang tersebut, Kalian bisa menyaksikan seluruh nelayan yang seru dengan joran berusaha menemukan lokasi strategis tuk memancing.

Tapi, ada tidak sedikit di antara nelayan itu yang justru lebih suka berenang menemukan umbal. Umbal ialah serupa binatang laut bentuknya kecil yang tinggal menempel di bebatuan karang. Umbal kecil-kecil itu umumnya diolah warga setempat jadi makanan rempeyek.

Tidak hanya panorama alam yang menakjubkan, ombak di Pantai Krakal Gunungkidul pun diminati para surfer. Tiap hari, ada wisatawan yang tampak asyik surfing di sana, berjoget diatas lidah gelombang laut.

Para surfer umumnya jalan dulu menuju bebatuan karang di lepas pantai tuk menyambut kehadiran gelombang reef break yang dikatakan sangat menantang. Tapi ada yang harus diketahui, dasar lautnya banyak sekali didominasi bebatuan karang yang mungkin menuntut para surfer musti ekstra waspada.

Aktivitas surfing bukan jenis olahraga yang terkenal di pusat warga setempat. Jika Kalian ingin surfing di pantai itu, Kalian musti membawa papan selancar sendiri karena disekitar pantai tak tersedia sewa surfboard.

Hotel Pantai Krakal Gunungkidul

Di wilayah Pantai Krakal ada beberapa hotel dengan harga murah. Adanya hotel tidak jauh dengan Pantai Krakal Gunungkidul menguntungkan bagi kaum surfer yang bermalam sambil menunggu gelombang terbaik tuk berselancar. Dengan begitu, para wisatawan tak perlu membawa tenda ataupun peralatan kemah.

Rute Perjalanan ke Pantai Krakal

Rute jalan ke Pantai Krakal Gunungkidul mempunyai arah yang tidak beda dengan jalan ke Pantai Baron dan Pantai Kukup. Dari tengah-tengah Kota Jogja, ambi jalan ke Wonosari. Masuk kedalam kota Wonosari, Kalian akan melintasi tiga lampu lalu lintas, lalu beloklah ke kanan, ikuti jalan lurus hingga Kalian menjumpai petunjuk arah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.